Materi Kewirausahaan Dalam Pramuka.

Materi Kewirausahaan Dalam Pramuka. 


Kewirausahawan


Salam pramuka!! 

Kewirausahaan

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Secara umum, pengertian
kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. 


Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.


Ada juga yang menjelaskan definisi  kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.


Secara bahasa dalam Wikipedia, arti kewirausahaan adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan.


 Kata “Kewirausahaan” berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Wira berarti; pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti; bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.


Ciri-Ciri Kewirausahaan

Ciri-ciri kewirausahaan yang profesional dan handal:


Tujuan Kewirausahaan

Wirausaha


Wirausaha


Wirausaha adalah sosok yang berani mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial (menurut Arif f. Hadipranata). 


Ciri-Ciri Wirausaha, Yakni :



Apa sih Perbedaan kewirausahaan dengan wirausaha? Yuk, dibaca yang dibawah:
  • wirausaha adalah orang yang berani melakukan usaha dengan mandiri dengan menggerakkan semua sumber daya dan upaya mencakup kepandaian mengenal produk baru. 
  • Kewirausahawan adalah suatu sikap atau rasa kemauan untuk membuat sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya atau orang lain. Dalam hal ini dibutuhkan sumber daya yang ada, seperti materiil, pengetahuan, waktu dan kreativitas.

Kiat menjadi wirausaha sukses

Menurut Jefrry A.Timmons, wirausaha yang sukses memiliki karakteristik umum. Adapun karakteristik umum yang dimiliki oleh seorang wirausaha yang sukses yaitu sebagai berikut:



1. Memiliki semangat dan daya saing yang tinggi.

2. Keyakinan diri mampu memperhitungkan.

3. Memiliki sasaran dan tujuan yang tinggi, tetapi realistis dan dapat dicapai.

4. Keyakinan bahwa ia mampu mengendalikan nasib baiknya sendiri.

5. Kemampuan untuk mempelajari dan mengkaji kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya.

6. Memiliki pandangan kedepan mengenai masa depan usahanya.



Adapun menurut Steinhoff dan John F.Burgess (1993) karakteristik wirausaha yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausaha yang berhasil dan sukses, yaitu antara lain sebagai berikut :



1. Memiliki visi dan tujuan usaha yang jelas.

2. Bersedia menanggung risiko waktu dan uang.

3. Mampu berencana dan mengorganisasi.

4. Mampu bekerja keras sesuai dengan tingkat kepentingannya.

5. Mengembangkan hubungan dengan pelanggan, pemasok dan pekerja.


Ayok ka siapa yang mau ikut berwirausaha dengan kami yang menghasilkan uang 10 juta per bulannya bisa hubungi kami, dengan cara klik gambar dibawah ini.

sepatu merk calvien





Demikian informasi mengenai Materi Kewirausahawan dalam Pramuka yang dapat penulis sajikan dikesempatan ini. Semoga Barokah. 

Salam Pramuka!!!




Post a Comment

0 Comments